RECENT POST BERJALAN

Selasa, 10 Januari 2012

SOSIAL NETWORKING DAN FACEBOOK

Posted by jejaring sosial On 21.46 0 komentar

A. SOCIAL NETWORKING DAN FACEBOOK
Konon dalam era saat ini, kalau sampai tidak memiliki account di facebook berarti tidak terhubung secara sosial dengan orang lain-secara digital tentunya. Tapi dengan makin merasuknya jaringan internet ke nadi kehidupan kita sehari-hari, terhubung dengansocial networking seperti facebook ini sama pentingnya dengan memiliki KTP sebagai identitas pribadi. Kini, bersosialisasi tidakmelulu harus melalui kontak fisik, setiap orang makin sering “Online….online…” seperti apa yang dinyanyikan rapper Saykoji.
Di Situs social networking, kita bisa membuat halaman profil yang berisi foto, informasi dan deskripsi diri kita lalu menghubungkannya dengan halaman profil orang lain melalui hubungan pertemanan.
Hubungan pertemanan, connectionrelationship atau apapun namanya, pada akhirnya akan membentuk suatu jejaring sosial yaitu sebuah komunitas yang berpola. Apakah itu karena kesamaan letak geografis, demografi, hobi, aktivitas, almamater, tempat bekerja, ketertarikan terhadap suatu topik, dan berbagai macam jejaring lainnya.
Facebook.com atau sering disingkat FB merupakan situs social network terpopuler di dunia saat ini. Didirikan Februari 2004 oleh seorang mahasiswa Harvard University bernama Mark Zuckerberg, sebagai situs pertemanan di lingkungan kampusnya lalu kemudian melebar mencakup seluruh pengguna internet, kini Facebook memiliki hampir 400 juta pengguna.
Mengandalkan fitur yang apik dan menarik seperti update status ala microblog (450 karakter), private message dan chat, informasi aktivitas yang interaktif dan mudah diikuti yaitu dalam bentuk wall, hingga fasilitas upload foto, video dan note yang dilengkapi sistem tagging untuk menandai orang yang kita kenal membuat para pengguna asyik berlama-lama menggunakan situs social networking yang satu ini.
Terobosan fitur lainnya adalah facebook application. Facebook menyediakan API (Application Programming Interface) dan juga script FBML yang memungkinkan para programmer membuat aplikasi-aplikasi web yang bisa diintegrasikan dengan facebook.
Aplikasi yang sudah tersedia pun cukup beragam. Dari sekedar game seperti Mafia WarsNinja SagaPet Society dan Farmville hingga aplikasi-aplikasi dari layanan web lain seperti twitter, Last.fm dan lain-lain. Beraneka kuis dan trivia juga banyak ditemukan di jejaring sosial Facebook ini, walau kebanyakan hanya sebatas sebagai entertainment/hiburan saja…
Hal ini semakin membuat Facebook makin “kaya” akan fitur, makin menarik banyak pengguna baru, dan membuat pengguna berlama-lama menggunakannya. Hal ini merupakan suatu ladang untuk iklan.
Selain menyediakan halaman “Profile” untuk pribadi atau keperluan perorangan, Facebook juga menyediakan halaman “Group” untuk berkomunitas/kelompok, dan juga “Fan Page” untuk suatu produk, merek, perusahaan atau apapun yang bersifat memiliki fans atau penggemar.
Banyak perusahaan ataupun merek yang juga memanfaatkan page (banyak diantaranya dilengkapi denganFacebook Application yang menarik) ini dengan tujuan untuk lebih berinteraksi dengan publik yang sekarang ini hampir seluruhnya aktif di social media, terutama di Facebook. Melalui Facebook page, komunitas pengguna akan lebih mudah terbentuk.
B. DAMPAK POSITIF/MANFAAT FACEBOOK
Saya percaya, semua hal di dunia ini mempunyai dua sisi. Baik dan buruk. Begitu juga dengan facebook, situs jejaring sosial yang satu ini memiliki sisi negatif dan sisi positif badi para penggunanya. Terutama bagi remaja, karena kebanyakan pengguna facebook adalah remaja usia 14 sampai 24 tahun, atau sebanyak 61,01% dari jumlah pengguna facebook di Indonesia.
Oke, kita langsung saja, apa saja manfaat facebook bagi pelajar dan remaja seperti kita;
1. Mendapatkan banyak teman (virtual/maya)
Ini sudah jelas. Karena pada dasarnya situs-situs jejaring sosial semacam facebook dan twitter memang dimaksudkan untuk mencari dan memperbanyak teman, teman virtual jelasnya.  Tapi ini juga bergantung pada motivasi seseorang dalam menggunakan facebook. Ada beberapa orang yang hanya membuat akun di facebook hanya sekedar ada saja. Hanya sebagai syarat agar tidak disebut remaja kuper alias kurang pergaulan.
2. Bertemu teman lama dan menjadi ajang rendezvous/reuni.
Ini sudah saya buktikan sendiri. Semenjak punya akun facebook, sangat mudah bertemu kembali dengan teman lama, baik itu teman SMP, teman SMA maupun teman yang bertemu melalui jejaring sosial lain. Karena rata-rata mereka juga mempunyai akun facebook. Tinggal ketik namanya di mesin pencari teman,ketemu deh..! Itu juga kalau teman kita tidak menggunakan nama palsu.
3. Berbagi informasi dan bantuan.Update : Hari ini ujian ditunda jam 1 siang, karena bla..bla..bla… memang terlihat sepele, tapi hal itu tentu akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi teman kuliah yang lain. Oleh karena itu, jikalau mempunyai informasi menarik dan bermanfaat  share saja di facebook.  Bisa berupa kata-kata nasehat, pepatah maupun QOTD daripada update status yang tidak jelas. Sayangnya, saat ini masih jarang orang yang memanfaatkan facebook sebagai sarana untuk berbagi informasi. Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan facebook untuk update status aktivitas, upload foto kemudian rame-rame ditag dan dikomentari serta chatting. Kalau nggak ya buat main game seperti Texas Holdem Poker atau Mafia Wars yang lagi ngetren di facebook saat ini.
4. Tempat curhat Rame-rame.
Bisa saja kita menyalurkan curhat kita ke dalam Facebook, barangkali ada teman-teman kamu yang menanggapi dan memberikan solusinya.
5. Menyalurkan hobby menulis.
Di Facebook terdapat fasilitas note untuk menampung hobi kita dalam hal tulis-menulis. Bisa sekedar menulis curhatan, puisi, opini, tips dan sebagainya. Note di facebook juga memiliki fasilitas tagging dan privasi seperti halnya Photo Album dan Video.
6. Media penyimpanan data.
Selain sebagai media berbagi informasi, facebook juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan data berupa file-file video, foto dan lainnya. Asal jangan menyimpan data-data yang sifatnya sangat pribadi, seperti nomor ATM, username dan password. Ingat facebook cukup mudah dihack terutama sekedar melihat koleksi foto tanpa harus menjadi teman. Apalagi kala kita facebooker warnet, kalau lupa log out, bisa bahaya !
7. Sarana Promosi.
Kalau kamu seorang blogger, facebook bisa kamu gunakan untuk promosi situs/weblog kamu. Tujuannya tentu agar blog kamu semakin dikenal dan semakin banyak pengunjungnya. Kalau kamu seorang wirausaha, iklankan saja barang/produk/jasamu melalui facebook. Semoga saja ada beberapa teman kamu yang tertarik untuk membeli dan berkooperasi.
8. Menghindari stress.
Ngobrol dengan teman-teman, mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik, bermain game, itu bisa menjadi obat stress yang ampuh setelah seharian berkutat dengan kuliah dan praktikum. Dan semua itu bisa kamu lakukan di facebook.

0 komentar:

Posting Komentar