RECENT POST BERJALAN

Minggu, 08 Januari 2012

JEJARING SOSIAL BISA MENANGKAP MALING

Posted by jejaring sosial On 05.56 0 komentar

Situs Jejaring Sosial Untuk Menangkap Maling?

Penulis : Team Andriewongso.com
Selasa, 20-Januari-2009, Dibaca : 2076 kali | Dicetak : 133 kali | Cetak artikel ini




Berbuat sesuatu yang negatif? Pikir-pikir dulu. Sebab, jangan-jangan, kalau terekam kamera CCTV, bisa tersebar ke seluruh daerah, bahkan dunia. Tak hanya kalangan artis seperti yang belakangan terjadi. Tapi, pribadi tak ternama pun bisa terkena dampaknya.

Itulah dampak terjadinya perkembangan teknologi. Internet dan berbagai situs jejaring sosial mampu menguak rahasia terdalam dari seseorang jika tak hati-hati. Namun, ada juga sisi positif yang bisa dipetik. Seperti yang belum lama terjadi di kota Queenstown, Selandia Baru.

Suatu ketika, seseorang melakukan aksi kejahatan di sebuah Bar. Pria yang berusia 21 tahun tersebut mencoba untuk mencuri uang di brankas di bar tersebut. Mungkin karena kepanasan, orang itu lantas membuka topeng yang digunakan. Wajahnya pun berhasil direkam kamera CCTV yang terpasang di bar itu. Maka, pihak kepolisian pun segera bertindak. Rekaman itu dimasukkan dalam situ jejaring Facebook milik pihak berwajib. Tidak hanya itu saja, mereka juga menyebar foto di media online, dan media massa. Tak pelak, gambar si maling segera tersebar luas. Maka, tak lama sang pencuri bisa ditangkap.
"Polisi berterima kasih atas reaksi cepat dari para pengguna Facebook, yang berhasil mengenali sang penjahat lewat foto yang disebar oleh polisi," tukas juru bicara Polisi Queenstown, Sean Drader, seperti dikutip dari The Sydney Herald.
Hmmm...barangkali kepolisian kita bisa mencoba meniru langkah ini. Siapa tahu, banyak buron yang bisa segera tertangkap, mengingat situs semacam itu bisa tersebar ke seluruh dunia.  

0 komentar:

Posting Komentar