Socl, Jejaring Sosial ala Microsoft
CALIFORNIA - Microsoft ternyata sedang mengembangkan sebuah proyek rahasia yang berhubungan dengan jejaring sosial. Nampaknya, jejaring sosial ini akan semakin menyemarakkan tren pertemanan di dunia maya.
Microsoft menyebut jejaring sosial ini Socl, tapi nama tersebut masih memiliki kemungkinan berubah. Socl tampil seperti jejearing sosial lain yang kita kenal, namun menawarkan beberapa fitur baru yang dapat dinikmati penggunanya.
Ketika melihat tampilan situs ini, akan sulit untuk tidak membandingkannya dengan Facebook dan Google. Orang akan melihat sebuah bar yang merentang di sisi atas layar, lengkap dengan fitur pencarian. Ada tiga kolom vertikal yang membagi halaman utama Socl. Kolom tengah menampilkan news feed, sedangkan opsi navigasi ada di sebelah kiri. Kolom paling kanan didedikasikan kepada 'video parties' yang mungkin merupakan fitur utama jejaring sosial ini.
Perbedaannya dengan video chat milik Facebook dan Google adalah kapasitasnya untuk menikmati video bersama dengan teman. Melalui Socl, orang dapat mengundang teman untuk 'video parties' dan menonton video bersama-sama.
Seperti dilansir melalui Digitaltrends, Rabu (16/11/2011), Desain Socl mungkin bukan kandidat terbaik untuk sebuah lomba kreativitas. Socl, barangkali akan cenderung mengembangkan fungsi daripada bentuknya.
Socl memang memiliki fitur yang merangsang rasa ingin tahu, tapi masih terlalu dini untuk memprediksi sejauh mana jejaring sosial ini mampu menebar pengaruh. Sementara kabar resmi mengenai peluncuran Socl pun belum jelas, siapa yang tahu apakah Socl akan mengubah tampilannya?