RECENT POST BERJALAN

Minggu, 08 Januari 2012

CARA MELINDUNGI DIRI DAN DATA ANDA DARI SITUS JEJARING SOSIAL

Posted by jejaring sosial On 05.43 0 komentar

          10. Cara melindungi diri dan data anda saat menggunakan situs jejaring sosial

Komunitas online telah ada sejak internet ditemukan. Awalnya ada papan buletin dan daftar email, yang memberi kesempatan orang di seluruh dunia untuk saling berhubungan, berkomunikasi dan berbagi informasi tentang hal tertentu. Dewasa ini, situs jejaring sosial telah memperluas kemungkinan berinteraksi interaksi, memungkinkan anda untuk berbagi pesan, gambar, berkas dan bahkan informasi terkini tentang apa yang sedang anda lakukan dan di mana anda berada. Fungsi-fungsi ini bukanlah hal yang baru ataupun unik – fungsi tersebut juga dapat dilakukan melalui internet tanpa harus bergabung dengan situs jejaring sosial.
Meskipun jejaring ini sangat berguna dan dapat mendorong interaksi sosial baik online maupun offline, ketika menggunakannya, anda membuat informasi tersedia bagi orang lain yang mungkin ingin menyalahgunakannya. Bayangkan situs jejaring sosial sebagai seperti sebuah pesta besar. Ada orang yang anda kenal dan ada orang yang tidak anda kenal sama sekali. Bayangkan berjalan dalam pesta tersebut dengan semua detil pribadi anda, termasuk setiap detil dari apa yang anda pikirkan. Dan itu semua tertulis di punggung anda, sehingga tanpa anda sadari semua orang dapat membacanya. Apakah anda ingin semua orang tahu semua tentang anda?
Ingatlah bahwa situs jejaring sosial dimiliki oleh bisnis swasta dan mereka menghasilkan uang dari mengumpulkan data tentang pengguna dan menjualnya, terutama untuk pengiklan pihak ketiga. Saat anda memasuki situs jejaring sosial, anda meninggalkan kebebasan berinternet dan memasuki jaringan yang diatur dan dikelola oleh para situs. Pengaturan privasi hanya dimaksudkan untuk melindungi anda dari anggota lain dalam jejaring sosial tersebut, tetapi mereka tidak melindungi data anda dari pemilik layanan. Pada dasarnya anda memberikan semua data anda kepada pemilik situs dan mempercayakannya kepada mereka.
Jika anda mengerjakan informasi dan topik penting, dan tertarik untuk menggunakan layanan jejaring sosial, sangat penting untuk menyadari masalah privasi dan keamanan yang disebabkan olehnya. Pembela hak asasi manusia sangat rentan terhadap bahaya situs jejaring sosial dan harus sangat berhati-hati tentang informasi yang mereka ungkapkan tentang diri mereka sendiri DAN tentang orang-orang yang bekerja dengan mereka. Sebelum anda menggunakan situs jejaring sosial, penting untuk memahami bagaimana jejaring sosial membuat anda menjadi rentan, dan kemudian langkah-langkah yang harus diambil untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang yang bekerja dengan anda.

0 komentar:

Posting Komentar